Redian M. Fikri's

Project
Leave a Comment
"Krowasong" Not "Kroisan" : Pengalaman Belajar Bahasa Perancis
Sumber
Salah satu mata kuliah yang menarik di semester 7 ini adalah bahasa Perancis. Mata kuliah ini baru dibuka semester dan sebenarnya cukup banyak peminatnya, sekitar 100 orang. 

Lanjut~, dari pengalaman selama satu semester ini banyak hal yang bisa dipelajari ternyata haha. Dari metode pengajaran dan textbook yang digunakan sangat menunjang untuk tidak hanya belajar bahasa tapi juga bisa belajar budaya masyarakat Perancis. 

Meskipun jumlah Francophone-orang yang bicara bahasa Perancis- di seluruh dunia bukan yang terbanyak dibandingkan bahasa lain, tapi persebaran Francophone ini cukup luas tidak hanya di Eropa tapi juga di benua lain seperti Amerika, Afrika, hingga Asia. Bahkan bahasa Perancis ini merupakan salah satu bahasa resmi dari PBB dan merupakan bahasa diplomasi yang penting terkait dengan sejarahnya.

Next~, dari sekian banyak materi yang dipelajari saya mungkin hanya bisa share sedikit dari itu. Jadi hal yang menurut saya paling unik dari bahasa Perancis ini adalah pelafalan kata-katanya atau pronounciation

Setidaknya ada 3 poin utama dalam pengucapannya. Pertama, biasanya huruf terakhir konsonan di setiap kata tidak dibaca misalnya Je suis Redian /I am Redian menjadi dibaca "Je sui Redian". Kedua, huruf "n" dibaca dengan "ng", misalnya français dibaca menjadi "Frongse". Ketiga, kebiasaan pelafalan kata per kata disambung jadi satu jadi agak sulit untuk memisahkan kata per kata kalau mendengar orang bicara. 

Aturan lain selain dari 3 itu masih ada banyak tentunya. Apabila pembaca tertarik mungkin bisa ikut kelas bahasa Perancis atau tempat belajar bahasa Perancis terdekat. 

Akhirnya, setelah ini apabila pembaca mengunjungi toko roti yang menjual croissant ketahuilah bahwa cara mengucapkannya bukanlah "kroisan" tapi lebih mirip "krowasong". Last but not the least, ilustrasi semua pengejaan diatas mungkin belum seperti cara pronounciation di kamus-kamus dan hanya dari interpretasi pribadi penulis jadi tak ada salahnya pembaca untuk menggali ilmu lebih dalam lagi tentang bahasa Perancis ini. Well then, have a good day and see ya~
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments:

Post a Comment