Redian M. Fikri's

Project

Pasopati : Unit Panahan ITB

Leave a Comment
Biru Muda, Font Hitam, yap Jaket Pasopati :)
Next Frontier, Pasopati

Pasopati, salah satu unit kegiatan mahasiswa di ITB. Pasopati berisi sekumpulan orang-orang yang punya hobi sama, panahan. Sebenarnya tidak cuma panahan, banyak kesamaan yang ada dalam anggota Pasopati ini yang terlalu banyak hingga tidak bisa disebutkan satu per satu :)

Frankly, Pasopati merupakan komunitas yang unik menurut saya. Selama berkuliah di ITB, orang-orang di Pasopati inilah yang paling kompak, welcome, dan saling menguatkan :)

Oke, berbicara tentang aktivitas Pasopati ada beberapa kegiatan yang biasa dilakukan :

1. Push Up

Push up merupakan salah satu metode untuk melatih kekuatan lengan. Kekuatan ini tentu diperlukan untuk menarik string/ tali pada busur. Bisa dibayangkan, menarik busur setara dengan menarik beban seberat 18 kilogram bahkan lebih. Kabar baiknya lagi, untuk menarik string dengan metode yang benar hanya diperbolehkan menggunakan 3 jari.


Push up

2.Sikap T

Sikap T
Sikap T seperti namanya adalah latihan lengan dengan membentuk huruf T. Latihan ini berfungsi untuk membuat form/sikap menembak yang konsisten. Biasanya sikap ini dilakukan dengan tambahan beban berupa botol air mineral yang dipegang kedua tangan. Mungkin pembaca sekalian bisa mencoba sendiri di rumah, 1-2 menit sekiranya masih bisa :)

3. Latihan Menembak

Tentu saja dalam panahan, yang paling utama adalah kemampuan memanahnya. Dalam panahan ada berbagai macam aturan. Layaknya olahraga lain, aturan dalam panahan juga diatur secara internasional (Lihat : aturan panahan). Mungkin beberapa orang berpikir bahwa panahan itu mudah, mengenai target tepat di tengah sasaran itu gampang. Namun pada kenyataannya banyak faktor yang bisa berpengaruh seperti angin, jenis busur, jenis anak panah, sikap menembak, dll yang membuat tembakan tidak selalu konsisten. Hal ini wajar, bahkan atlet juara dunia pun tidak selalu mendapat poin penuh (10) di setiap tembakannya.
Latihan Menembak

Jadi kira-kira begitulah cerita tentang Pasopati....

Info lebih lanjut tentang Pasopati : Fanpage Pasopati

Nantikan cerita selanjutnya.
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments:

Post a Comment