Redian M. Fikri's

Project

SMA TN : 3 Bulan untuk 3 Tahun, 3 Tahun untuk Selamanya

Leave a Comment
Foto Udara SMA TN saat berlangsung Upacara Bendera

SMA TN?

     SMA TN kerap kali digunakan sebagai singkatan dari SMA Taruna Nusantara. Beberapa orang mungkin sudah pernah mendengar nama SMA ini. SMA ini dibangun di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah tepatnya di Jalan Purworejo KM 5, Magelang. SMA TN dikelola oleh LPTTN (Lembaga Perguruan Taman Taruna Nusantara). Info lebih lanjut secara resmi dapat dilihat di Website SMA TN.

Bedanya dengan SMA lain?

    Selama pendidikan di SMA TN ini, kita akan diajarkan 3 nilai utama yakni : Kepribadian, Kesamaptaan, dan Akademik. Siswa SMA TN dituntut untuk memiliki Kepribadian, Kesamaptaan, serta Akademik yang baik, sehingga tidak hanya tentang mendapat nilai rapor yang baik di sekolah.   
     Nilai kepribadian ditanamkan melalui proses pendidikannya, setidaknya setiap siswa pernah sekali memegang amanah menjadi ketua kelas, ketua graha, pemimpin apel, ataupun contoh terkecilnya adalah sebagai pemimpin barisan saat mobilisasi. Selain itu kepribadian juga dilatih dengan adanya PUDD maupun Perdupsis yang mengatur kehidupan berasrama.
     Nilai kesamaptaan didapat dari porsi olahraga yang cukup besar. Setiap siswa pada setiap akhir semester akan melakukan tes kesamaptaan yang berupa lari serta push up, sit up, dan pull up. Kesamaptaan ini dilatih juga dengan olahraga pagi setiap hari kecuali Minggu yang agendanya lari atau senam pagi.
     Kemudian nilai akademik didapat dari kegiatan belajar mengajar seperti di SMA lain. Kegiatan belajar dimulai pukul 7 pagi dan selesai sekitar pukul 2 siang. Tidak hanya itu, setiap siswa juga diwajibkan melakukan belajar malam dari pukul 7 malam hingga 9 malam secara mandiri.

Yang khas dari SMA TN?

     Pertama, siswa SMA TN berasal dari berbagai daerah di seluruh Indonesia. Hal ini membuat adanya istilah miniatur Indonesia. Di sini kita dapat benar-benar menerapkan Bhinneka Tunggal Ika, berbeda-beda tetapi tetap satu. Dimana setiap orang belajar untuk toleransi terhadap orang lain.
     Kedua, disiplin. Setiap hari, kegiatan-kegiatan rutin telah terjadwal dengan baik. Setiap siswa setidaknya harus bangun pukul 5 pagi kemudian melakukan ibadah serta olahraga pagi hingga sekitar pukul 5.30. Pukul 6.00 akan dilakukan makan pagi bersama di RKB (Ruang Komunikasi Bersama). Pukul 7.00 kegiatan belajar dimulai hingga pukul 14.00 dilanjutkan makan siang bersama. Sore hari diisi dengan kegiatan mandiri. Pukul 18.00 dilakukan makan malam bersama. Pukul 19.00 hingga 21.00 siswa melakukan belajar malam. Dan kegiatan hari itu ditutup pada pukul 22.00 dengan adanya bel malam.
     Ketiga, apel. Apel disini bukan buah. Apel dieja dengan bunyi sama dengan kata mengepel lantai :). Apel berfungsi sebagai penghitung kekuatan atau bahasa mudahnya adalah menghitung jumlah siswa yang hadir. Selain itu apel juga berfungsi untuk media menyampaikan informasi secara langsung. Setidaknya dalam 1 hari terdapat 5 kali apel ._. yaitu : Apel makan pagi, apel pagi, apel siang, apel makan malam, apel malam. Apel makan pagi dilakukan sebelum makan pagi dengan kondisi siswa sudah siap berangkat sekolah. Apel pagi dilakukan di halaman tiap gedung sekolah. Apel siang dilakukan setelah pulang sekolah. Apel makan malam dilakukan sebelum makan malam. Apel malam dilakukan setelah kegiatan belajar malam. Setiap apel dipimpin oleh seorang pemimpin apel. Di dalam apel biasanya diisi dengan sepatah dua patah kata oleh pamong (pamong bisa dibilang mirip dengan guru), serta berbagai pengumuman. Tak lupa disetiap selesai apel malam, kita menyanyikan lagu nasional Bagimu Negeri. Hal ini memiliki makna agar kita memiliki jiwa Nasionalisme dan ingat akan Indonesia sebagaimana lirik lagu tersebut :

Padamu Negeri
Kami Berjanji
Padamu Negeri 
Kami Berbakti
Padamu Negeri
Kami Mengabdi
Bagimu Negeri
Jiwa Raga Kami

     Keempat dan seterusnya...., sepertinya akan sangat panjang apabila penulis ceritakan satu per satu. Oleh karena itu, pembaca sekalian dapat langsung menemui alumni SMA TN atau siswa apabila ingin mengetahui lebih lanjut. Sekian.

Redian Mayo Fikri
TN XXI         
106057         





Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments:

Post a Comment